Minggu, 29 Januari 2012

MENGAPA PERUSAHAAN HARUS MELAKUKAN SEGMENTASI PASAR


MENGAPA PERUSAHAAN HARUS MELAKUKAN SEGMENTASI PASAR

1.1       LATAR BELAKANG
Di zaman era globalisasi saat ini persaingan sangatlah ketat dalam perekonomian,maupun IT untuk itu agar tidak ketinggalan terlalu jauh dengan pesatnya perkembangan di dunia makan perusahaan harus pintar – pintar dalam menangani masalah ini,terleih di dalam memasarkan produk atau melakukan kegiatan bisnis kewirausahaan dalam memproduksi produk maka perusahaan harus melakukan segmentasi terlebih dahulu.

1.2       PENGERTIAN SEGMENTASI PASAR
Proses membagi – bagi pasar yang semula berperilaku heterogen menjadi beberapa kelompok pasar yang sekarang berperilaku lebih seragam. Atau prses mengelompokkan bagian – bagian pasar yang berperilaku sama dari keseluruhan perilaku pasar yang beragam. Secara umum, tujuan segmentasi pasar adalah untuk memperoleh bagian pasar yang mempunyai karakter dan perilaku yang lebih seragam.

1.3       BASIS SEGMENTASI PASAR
Basis segmentasi ( pembagian ) pasar bagi produk perusahaan satu dengan yang lain belum tentu sama. Basis segmentasi untuk pasar konsumen yang paling umum dapat digunakan adalah aspek geohrafis, demografis, psikografis, dan perilaku.
1.      Geografis ( wilayah, pemukiman, perkotaan dsb )
Pasar dapat dibedakan menurut batas – batas wilayah atau daerah. Misalnya pasar daerah barat dan daerah timur.
2.       Demografis ( usia, jenis kelamin, pendapatan, pendidikan, pekerjaan, dsb )
Pasar dapat dibedakan menurut perbedaan misalnya usia. Perilaku pasar kanak – kanak akan berbeda dengan pasar dewasa.
3.       Psikografi ( sikap, motivasi, persepsi, dsb )
Pasar dapat dibedakan menurut perbedaan misalnya sikap konsumen terhadap produk tertentu.
4.       Kebiasaan ( membeli, mengkonsumsi, dsb )
1.4       KRITERIA EFEKTIFITAS SEGMENTASI PASAR
Ada bberapa criteria yang harus di penuhi agar segmentasi pasar dapat efektif, yaitu :
·         Dapat di jangkau ( accessable )
Segmen pasar yang sudah di bentuk atau direncanakan belum tentu semua dapat dijangkau atau dilayani oleh perusahaan.
·         Dapat diukur ( measureable )
Meskipun perilaku bagian – bagian pasar adalah heterpogen, tetapi dalam kenyataannya sulit untuk melakukan pengukuran perbedaan – perbedaan tersebut.
·         Memberikan keuntungan ( profitable )
Segmentasi pasar bukanlah pekerjaan yang mudah. Apabila segmen – segmen pasar yang telah terbentuk masing – masing atau sebagian besar tidak memberikan keuntungan dari perbedaan tersebut, maka usaha ini tidak bermanfaat. Artinya hanyalah segmen – segmen yang memberikan peluang untuk keuntungan rancangan tersebut bermanfaat.






KESIMPULAN :
            Jadi, kesimpulannya adalah bahwa perusahaan ini di wajibkan melakukan segmentasi pasar didalam memproduksi dan memasarkan produknya untuk konsumen dan dilihat dulu dari berbagai aspek,seperti demografis, geografis, psikografis,dan kebiasaan masyarakat agar produk yang dijual dapat memenuhi kebutuhan masyarakat.

DAFTAR PUSTAKA
Budiarto Teguh, Buku dasar Pemasaran untuk perkuliahan, diterbitkan oleh Penerbitan Gunadarma. 

                                   

1 komentar:

  1. kita juga punya nih artikel mengenai segmentasi, silahkan dikunjungi dan dibaca untuk menambah wawasan, berikut
    http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/2849/1/A-18.%20Suryarini%20Widodo,%20Sarifuddin%20Madenda%20,%20dan%20Prihandoko.pdf
    trimakasih

    BalasHapus